Tuesday, May 1, 2018

Proposal



BAB I
KATA PENGANTAR


Puja dan puji syukur senantiasa terpanjat kehadirat Allah Swt., penguasa alam semesta dan penggenggam segala urusan semua makhluk-Nya. Teriring sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah limpah kepada junjungan alam, manusia teladan sepanjang zaman dan pemilik hati termulia sepanjang sejarah peradaban manusia, yang kebijaksanaanya tidak tergantikan oleh siapapun, Rasulullah Muhammad SAW.

Karena hanya atas berkat rahmat-Nya semata, hingga saat ini kita masih dapat menjadi bagian dari kehidupan dunia yang terus berputar menjalani takdir dan kehendak sang khaliq serta menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang dapat hidup dengan aman, rukun dan damai, diatas pondasi kebhinekaan yang dieratkan dengan landasan ideal pancasila serta landasan konstitusional UUD 1945. Kehidupan yang majemuk ini menjadikan kita senantiasa menjadi teladan bagi negara–negara lain untuk terus memelihara perdamaian dunia tentu dengan senantiasa menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang menjadi cikal bakal tangguhnya rasa nasionalisme ini.

Sebagai generasi penerus bangsa, setiap diri kita diwajibkan untuk terus melestarikan budaya luhur bangsa ini, kemudian membuat nilai tambah dalam kehidupan peradaban generasi kita agar kelak anak cucu kita merasakan manfaat kehidupan yang kita jalani dan meneruskan perjuangan kita untuk mempertahankan negeri ini hidup bila perlu 1000 tahun lagi.

Sebagaimana kita sadari bersama, bahwa penjajahan dewasa ini tidak dalam bentuk penjajahan seperti zaman penjajahan Belanda, Jepang, Spanyol dan lain-lain, maka sejatinya penjajahan masa kini lebih mengkhawatirkan karena mempunyai efek jangka panjang yang sangat berbahaya bagi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya rasa cinta tanah air dan bangsa.

Mengapa demikian? Banyak hal yang menjadi penyebabnya yakni tayangan televisi yang dapat diakses dari seluruh dunia, keberadaan gadget/hp yang aksesnya juga tanpa batas, kemudian kebudayaan barat yang datang hampir tanpa filter sama sekali serta para orang tua yang
nyaris tidak paham bahwa sesungguhnya negeri ini sedang dijajah melalui penjajahan ekonomi, sosial, budaya, ideologi, politik bahkan pertahanan dan keamanan.

Untuk itu, kendatipun mungkin langkah ini sudah terlambat, tetapi mudah-mudahan menjadi oase ditengah gersangnya penggagas kecintaan terhadap tanah air, menjadi inisiator ditengah-tengah kehidupan kita yang semakin individualistis, menjadi pemersatu ditengah-tengah hilangnya rasa kebersamaan dan mudah-mudahan sekali lagi menjadi amal jariyah untuk kita kelak menghadap kehadirat-Nya.

Bahwa Dia yang membolak-balikkan hati kita semua, bahwa Allah Swt., yang menggenggam semesta raya ini, mari ketuk hati kita untuk bersatu padu melestarikan alam raya yang sudah Dia ciptakan dengan sempurna ini.

Ayo singsingkan lengan baju, berkontribusi demi peradaban anak cucu kita kedepan. Akhirnya, taka ada gading yang tak retak, dengan segala kerendahan hati, kami memohon maaf apabila banyak tutur kata yang kurang berkenan, dan atas perhatiannya kami haturkan terima kasih.

1.1. DASAR PEMIKIRAN

Sebagaimana telah disinggung sedikit dalam kata pengantar Kopalan, bahwa kita harus bersama-sama mewujudkan kecintaan terhadap tanah air kita demi keberlangsungan masa depan bangsa ini, maka, kami berharap, komunitas ini memberikan implikasi positif yang berkesinambungan dan daya dorong yang luar biasa agar generasi penerus bangsa ini tidak terjerumus kedalam hal-hal yang merugikan diri dan lingkungannya.

Mengapa hal ini menjadi urgensi yang harus dipupuk terlebih dahulu? Setelah tadabur yang cukup lama dan berpuluh tahun masanya, kami mempunyai satu kesimpulan yang mudah-mudahan tidak keliru, bahwa seseorang yang peduli dengan alam/lingkungannya ternyata lebih menguasai persaingan kehidupan yang dijalaninya, mereka lebih peka terhadap persoalan-persoalan sosial yang menjadi bumbu dalam kehidupan ini dan tadabur alam menjadikannya tahu siapa dirinya, darimana datangnya, serta apa tugas hidupnya didunia dan kemana dia kelak akan pulang.
Kopalanusantara sejatinya sudah lahir sejak masa remaja yang dikarenakan keterbatasan akses pada waktu tersebut maka, ide ini tidak dapat terealisasi dengan nyata, namun terus hidup dalam cita-cita luhur dalam kehidupan ini. Dan, Alhamdulillah, pada 29 Juni tahun 2017 ini, Kopalan dapat berdiri kendatipun dengan segala keterbatasan yang ada maka pada tanggal 29 Juni 2017 dilakukan penanaman perdana kendatipun saat itu di musim kemarau. Atas dukungan dari teman-teman terbaiknya, serta dukungan juga dari berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu ( semoga Allah Swt., membalas segala kebaikan sahabat semua ), maka Kopalan inshaalloh akan menjadi Komunitas Pelestarian Alam Nusantara yang kedepan semoga mampu menjadi Komunitas berkelas dunia seperti halnya Greenpeace milik dunia disertai dengan niat yang lurus dan satu yakni mengabdi kepada Sang Khaliq. Semoga jalan ini senantiasa ada dalam ridho dan rahmat Allah Swt.

1.2. NAMA KEGIATAN

Penanaman 3000 pohon di bukit Tanggeran 6 titik sumber mata air “JAGA ALAM KITA UNTUK KEBAHAGIAAN SELURUH GENERASI”.

1.3. VISI DAN MISI

1.3.1.             VISI

“ Menjadi komunitas yang bertekad melestarikan alam

nusantara demi kebahagiaan seluruh generasi “

1.3.2.             MISI

1.           Memupuk rasa Kebersamaan antar anggota komunitas maupun dengan seluruh anak negeri ;

2.           Menggugah peradaban pelayanan terhadap semesta dengan pondasi keikhlasan hanya mengharap ridho-Nya semata demi kelestarian alam Nusantara tercinta.
Menghijaukan kawasan yang gundul, sebagai reboisasi guna menghindari erosi dan banjir serta berdampak meningkatkan volume air di lingkungan wilayah tersebut. Mengingat dikala musim kemarau debit air sangat drastis berkurang untuk kebutuhan sehari-hari warga sekitar.




0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html