Tuesday, November 7, 2017

Survey Lokasi Penanaman Pohon di Nusa Kambangan dan Hulu DAS Citanduy

Sahabat Penyelamat,
Menindaklanjuti rencana kegiatan penanaman di Nusa Kambangan dan Hulu DAS Citanduy, berikut kami informasikan laporan hasil survey lapangan bersama yang dilakukan rekan-rekan dari SONI-GCL (Save Our Nusakambangan Island – Gerakan Citanduy Lestari) dan Kopalan (Komunitas Pelestarian Alam Nusantara) di kedua lokasi tersebut.
Survey pertama dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2017 di wilayah bukaan hutan hulu DAS Citanduy yang rawan erosi. Rencana lokasi tanam di daerah hulu DAS Citanduy berada di 3 desa di Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap. 2 titik diantaranya berada dalam satu punggungan Gunung Tanggeran yaitu desa Cisalak dan Negara Jati serta 1 titik di desa Karang Sari berada tak jauh di seberangnya. Di lembah Gunung Tanggeran ini terdapat 7 mata air (3 di Cisalak dan 4 di Negara Jati) yang vital fungsinya bagi masyarakat sekitar dan perlu dilindungi dengan pepohonan yang berfungsi menangkap dan menahan air.
Survey Lokasi Nusa Kambangan (Kalijati-Watu Malang)
Survey kedua dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2017 di wilayah bukaan hutan Nusa Kambangan Barat (Watu Malang) yang berbatasan dengan Cagar Alam (Kalijati). Zona ini akan difungsikan sebagai daerah penyangga Cagar Alam Nusa Kambangan Barat (buffer zone). Dimensinya lebar 100m dari Kalijati, panjang menyesuaikan dan jarak tanam tidak beraturan. Di Nusa Kambangan Barat banyak ditemukan lokasi bukaan hutan yang dilakukan dengan pembakaran atau penebangan. Lahan terbuka beralih fungsi menjadi ladang pertanian (palawija) dan perkebunan (kopi dan albiso). Beberapa rumah penduduk terlihat di area ini.
Kondisi Bukaan Hutan Dekat Daerah Penyangga

Kegiatan survey ini didanai oleh donasi yang saat ini mulai terkumpul baik online maupun offline melalui Kitabisa.com dan penjualan kaos kampanye kegiatan. Untuk survey ini kami telah menggunakan dana sekitar Rp 1.144.000 untuk transpotasi dan logistik tim survey (20 orang). Selain itu kegiatan ini juga didukung oleh Resort Konservasi Wilayah Cilacap BKSDA Jawa Tengah yang akan mengawal pelaksanaan hingga paska kegiatan.
Dukung terus upaya kami mewujudkan kegiatan baik ini, ayo bersama tanam harapan di penghujung tahun 2017 dan kelak memetik kejayaan pengelolaan hutan DAS Citanduy dan Nusakambangan yang terus berkelanjutan. Beri semangat para penjaga hutan hulu dan hilir, beri uluran tangan bagi laskar tanam Nusakambangan.
Jangan biarkan hutan hujan dataran rendah terakhir di Jawa Tengah ini dan laguna Segara Anakan Cilacap hanya tinggal kenangan dan cerita sebagai warisan masa depan.
 Survey Lokasi Desa Cisalak

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html